LAPORAN PENGAMATAN DAN WAWANCARA KELOMPOK SOSIAL IPNU IPPNU PAC PAMOTAN



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Sebelumnya kami dari kelompok 4 kelas XI IPS-2 mapel sosiologi SMA Negeri 1 Pamotan. Di sini kami mendapat tugas dari bapak Suhadi SP,d  , untuk meneliti kelompok sosial yang ada di daerah kami, dan kelompok kami memilih untuk mewawancarai kelompok sosial IPNU IPPNU PAC Pamotan.

Berikut ini adalah  sedikit ringkasan tentang hasil wawancara kelompok kami, yang kami laksanakan Pada tanggal 8 September Kemarin. Kami sudah mewawancarai saudara Umam Almasfuk selaku ketua IPNU IPPNU PAC Pamotan.

Baik teman-teman disini kami mengambil tema kelompok sosial yang bernama IPNU IPPNU yang berlokasi di desa Gambiran RT 1 RW 1, Kecamatan Pamotan. Sebenarnya kantor pusat IPNU IPPNU ada di Jakarta, kemudian terbagi di setiap Provinsi, kabupaten, Kecamatan (PAC), dan ranting-ranting yang terbagi di setiap desa di kecamatan. Nah untuk Kecamatan Pamotan sendiri sekretariatnya  terletak di belakang Masjid Jami Pamotan.

Kelompok sosial IPNU didirikan pada tahun 1954, sedangkan  untuk IPPNU didirikan pada tahun 1955, struktur keanggotaan kelompok sosial ini anggota dari pimpinan pusat, kemudian wilayah provinsi, kabupaten, dan anak cabang seperti yang ada di Pamotan, kemudian anak ranting yang tersebar di setiap desa desa di Kecamatan tersebut.

IPNU IPPNU di cetuskan dari Nahdlatul Ulama yang diketuai oleh K.H.  Hasyim Asy'ari, beliau mengusulkan adanya IPNU dan IPPNU dengan anggota pelajar, Pemuda, ibu-ibu muslimat, dan Kyai sepuh. Hal yang melatarbelakangi pembentukannya karena banyak para pemuda yang tidak tahu arah kemana arah tujuan mereka, dengan IPNU IPPNU ini dapat mengajak para muda mudi untuk melakukan yang positif.

Syarat untuk menjadi anggotanya harus mengikuti makesta dan ada juga diklatama atau (pendidikan pelatihan kader utama) IPNU IPPNU memiliki simbol seragam batik. bendera, jas, dan hem PDL. Aturan-aturan dalam kelompok sosial ini
a. setiap anggota wajib mengikuti kegiatan
b. Ikut berpartisipasi di setiap agenda kegiatan
c.  setiap anggota harus taat kepada khittoh NU

Program kerja kelompok IPNU IPPNU seperti program kerja harian. bulanan, dan tahunan. Sistem kerja harian memakai sistem conditional yang bersifat dadakan, program acara bulanan seperti selapanan dan tahlilan, sedangkan program acara tahunan seperti makesta, kaderisasi, sholawatan, pengajian dan ziarah.

 IPNU IPPNU juga mengadakan kegiatan seminar sosial kepada masyarakat, bakti sosial korban bencana alam, dengan tujuan untuk selalu dapat bersosialisasi dengan masyarakat mengajak para muda-mudi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Cara melakukan kegiatan ini dengan mengumpulkan anggota kemudian memberikan pengarahan kepada mereka, manfaat dari kegiatan tersebut memberikan manfaat tersendiri tentunya bagi masyarakat, dan juga kegiatan positif yang mampu mengurangi pergaulan bebas para pelajar atau muda-mudi. Untuk tindak lanjut dalam program ini berupaya untuk mencari kader kader yang baik dengan kader kader yang mau dan mampu untuk bersosialisasi dengan masyarakat.


                                                             




IPNU IPPNU  juga melakukan kegiatan selapanan, dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antar anggotanya, nguri-nguri budaya NU dengan tahlil dan shalawat, dan tentunya mampu menambah ilmu dari petuah petuah sesepuh.  cara melakukan kegiatan ini bergilir setiap bulannya dari setiap ranting desa ke desa lain.  Kebetulan kemarin pada hari Jumat tanggal 27 September, IPNU IPPNU PAC Pamotan mengadakan kegiatan selapanan di desa Gambiran, tepatnya di Taman Pendidikan Nurul Qur'an Desa Gambiran. Manfaat kegiatan selapanan antara lain bisa menambah ilmu untuk para anggota yang mengikuti kegiatan.
Untuk kedepannya ini tentunya IPNU IPPNU PAC Pamotan ingin menambah kegiatan yang lebih bermanfaat lagi bagi para pelajar dan para anggotanya, seperti menambah kegiatan ngaji kitab.

Permasalahan yang sampai saat ini ini masih dihadapi IPNU IPPNU PAC Pamotan adalah dalam bidang pendanaan, karena tentunya di setiap kegiatan ataupun acara acara  pasti membutuhkan dana, entah itu untuk konsumsi, atau kepentingan lainnya. Nah sedangkan disini IPNU IPPNU Pamotan belum memiliki usaha yang bisa membantu perekonomian IPNU IPPNU PAC Pamotan. Karena belum adanya sumber tetap penghasilan ekonominya, Mendorong adanya iuran seiklasnya setiap anggota untuk acara atau agenda-agenda yang akan di lakukan.

Rencana IPNU IPPNU PAC Pamotan kedepanya ingin menambah kader yang berkualitas, menambah kegiatan-kegiatan yang yang positif dan bermanfaat, tentunya juga untuk membentuk setiap anggota agar memiliki sifat yang akhlakul karimah. Harapan IPNU IPPNU PAC Pamotan kedepannya, tentunya semakin memajukan kegiatan-kegiatannya dengan kegiatan positif. Dan IPNU IPPNU PAC Pamotan mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk membantu perekonomian atau (usaha) untuk mengatasi masalah  pendanaan dalam kegiatan yang dilakukan.  respon masyarakat Pamotan terhadap ipnu-ippnu PAC Pamotan tentu sangat baik, karena dapat dilihat dari setiap kegiatan yang dilakukan IPNU IPPNU PAC Pamotan merupakan kegiatan yang positif serta dapat membantu masyarakat.


Kelompok 4 ;
Lisa Maulina Safitri 18
Retno Asih 31
Kumaidah 17
Devy wakhidatun N 06
Milatus Sarifah 19
Chandra Bima Sakti 05

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERTANYAAN KELOMPOK SOSIAL IPNU IPPNU PAC PAMOTAN